Umar Bin Khattab dan Seorang Yahudi Tua

6 06 2008

Sejak menjabat gubernur, Amr bin Ash tidak lagi pergi ke medan tempur. Dia lebih sering tinggal di istana. Di depan istananya yang mewah itu ada sebidang tanah yang luas dan sebuah gubuk reyot milik seorang Yahudi tua.
“Alangkah indahnya bila di atas tanah itu berdiri sebuah mesjid,” gumam sang gubernur.

Singkat kata, Yahudi tua itu pun dipanggil menghadap sang gubernur untuk bernegosiasi. Amr bin Ash sangat kesal karena si kakek itu menolak untuk menjual tanah dan gubuknya meskipun telah ditawar lima belas kali lipat dari harga pasaran.

“Baiklah bila itu keputusanmu. Saya harap Anda tidak menyesal!” ancam sang gubernur.

Sepeninggal Yahudi tua itu, Amr bin Ash memerintahkan bawahannya untuk menyiapkan surat pembongkaran. Sementara si kakek tidak bisa berbuat apa-apa selain menangis. Dalam keputusannya terbetiklah niat untuk mengadukan kesewenang- wenangan gubernur Mesir itu pada Khalifah Umar bin Khattab.

“Ada perlu apa kakek, jauh-jauh dari Mesir datang ke sini?” tanya Umar bin Khattab. Setelah mengatur detak jantungnya karena berhadapan dengan seorang khalifah yang tinggi besar dan full wibawa, si kakek itu mengadukan kasusnya. Padahal penampilan khalifah Umar amat sederhana untuk ukuran pemimpin yang memiliki kekuasaan begitu luas. Dia ceritakan pula bagaimana perjuangannya untuk memiliki rumah itu.

Merah padam wajah Umar begitu mendengar penuturan orang tua itu.
“Masya Allah, kurang ajar sekali Amr!” kecam Umar.
“Sungguh Tuan, saya tidak mengada-ada,” si kakek itu semakin gemetar dan kebingungan. Dan ia semakin bingung ketika Umar memintanya mengambil sepotong tulang, lalu menggores tulang itu dengan pedangnya.

“Berikan tulang ini pada gubernurku, saudara Amr bin Ash di Mesir,” kata sang Khalifah, Al Faruq, Umar bin Khattab.

Si Yahudi itu semakin kebingungan, “Tuan, apakah Tuan tidak sedang mempermainkan saya!” ujar Yahudi itu pelan.

Dia cemas dan mulai berpikir yang tidak-tidak.Jangan-jangan khalifah dan gubernur setali tiga uang, pikirnya. Di manapun, mereka yang mayoritas dan memegang kendali pasti akan menindas kelompok minoritas, begitu pikir si kakek. Bisa jadi dirinya malah akan ditangkap dan dituduh subversif.

Yahudi itu semakin tidak mengerti ketika bertemu kembali dengan Gubernur Amr bin Ash. “Bongkar masjid itu!” teriak Amr bin Ash gemetar. Wajahnya pucat dilanda ketakutan yang amat sangat. Yahudi itu berlari keluar menuju gubuk reyotnya untuk membuktikan sesungguhan perintah gubernur. Benar saja, sejumlah orang sudah bersiap-siap menghancurkan masjid megah yang sudah hampir jadi itu.

“Tunggu!” teriak sang kakek. “Maaf, Tuan Gubernur, tolong jelaskan perkara pelik ini. Berasal dari apakah tulang itu? Apa keistimewaan tulang itu sampai-sampai Tuan berani memutuskan untuk membongkar begitu saja bangunan yang amat mahal ini. Sungguh saya tidak mengerti!” Amr bin Ash memegang pundak si kakek, “Wahai kakek, tulang itu hanyalah tulang biasa, baunya pun busuk.”
“Tapi…..” sela si kakek.

“Karena berisi perintah khalifah, tulang itu menjadi sangat berarti.
Ketahuilah, tulang nan busuk itu adalah peringatan bahwa berapa pun tingginya kekuasaan seseorang, ia akan menjadi tulang yang busuk. Sedangkah huruf alif yang digores, itu artinya kita harus adil baik ke atas maupun ke bawah. Lurus seperti huruf alif. Dan bila saya tidak mampu menegakkan keadilan, khalifah tidak segan-segan memenggal kepala saya!” jelas sang gubernur.

“Sungguh agung ajaran agama Tuan. Sungguh, saya rela menyerahkan tanah dan gubuk itu. Dan bimbinglah saya dalam memahami ajaran Islam!” tutur si kakek itu dengan mata berkaca-kaca.

story from here 

 


Aksi

Information

53 tanggapan

6 06 2008
achoey sang khilaf

Subhanallah

Itulah agungnya agama yang fitrah ini

6 06 2008
Sawali Tuhusetya

sungguh, sebuah keteladanan dari sosok seorang pemimpin yang jujur! kapan negeri ini muncul sosok peimpin yang tegas, berani, dan jujur seperti Khalifah Umar bin Khattab, ya, Mas Nenyok?

6 06 2008
ILYAS AFSOH

beliau masih hidup di zaman sekarang
semoga kita dapat berkahnya

7 06 2008
gerie

Makasih Nenyok.
Derajat suatu kaum diukur dari moralitas nya. Moralitas wajib dijaga oleh orang yg berkuasa (pemimpin, tokoh, orang tua dsb). Agama diturunkan utk menyempurnakan akhlak (moralitas). Menyedihkan bila mengaku beragama tapi tdk memelihara akhlak. Agama hanya dipakai hiasan & kosmetik. Lupa kemana akan kembali.
Jazaakilah.

7 06 2008
Rafki RS

Ngomong-ngomong tentang huruf Alif, benarkah huruf Alif itu betul-betul lurus. Sepengetahuan saya tidak pernah ada huruf Alif yang dibuat benar-benar lurus. Mohon penjelasannya, maklum masih awam masalah agama.

Soal itu saya kurang tahu pak, secara saya juga sangatlah awam soal agama. boleh jadi alif digambarkan lurus disini bukan penekanan pada cara menulis alifnya, tapi kiasan saja *sok tahu saya ya* :D

8 06 2008
ghaniarasyid™

shalawat serta salam kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam beserta keluarga dan para sahabatnya yang mulia….
sesungguhnya sahabat-sahabat Beliau adalah sebaik-baiknya generasi manusia di dunia, yang patut kita jadikan panutan… :)

16 06 2008
kitong

alangkah indahnya jika islam seperti zaman khalifah di terapkan di negeri tercinta ini. ini bukti bahwa islam adalah rahmatan lil alamin.. subhanallah

22 07 2008
herlambang

Semoga Allah menjadi pembimbing dan pelindung bagi hamba-hambaNYA yang taat.

2 04 2009
hari s

ya Allah maafkan lah kesalahan-kesalahan kami
Engkaulah yang menghidupkanku dan yang mematikanku
tiada Tuhan Selain Engkau ya Allah

17 09 2009
syamsuddin hanafing

alangkah indah indonesia, jika semua pejabatnya mampu meneladani para sahabat rasullulah, ….insya Allah indonesia akan menjadi negara maju yg luar biasa. kapan ya,..saatnya. semoga generasi mendatang…..terlahir sosok khalifah yg kita harapkan semua. wassalam.

20 11 2009
Taufik

” Assalamu’alaikum wr. . .wb . . . . Betapa mulianya akhlak para sahabat2 Nabi MUHAMMAD SAW Walaupun mereka menjabat sebagai seorang Khalifah atau kalau dibandingkan dgn jabatan sekarang setara dgn presiden tetapi mereka tetap menjunjung tinggi kehormatan Islam yg selalu mencintai kedamain dlm hidup .

24 06 2010
anton

saya rindu mempunyai pemimpin seperti khalifah umar bin khattab. pemimpin kita hanya bisa berkata kalau dia muslim tapi belum bisa mempraktekkan apa yang diperbuat oleh khulafaur rasyidin.

13 09 2010
Emha Sofyan

Subhanallah ..
Saya sedang berandai-andai, kalau saja keteladan beliau ditiru oleh para pemimpin negeri ini?
Buat ijin mendirikan tempat beribadat saja susahnya minta ampun? Tidak semudah kalau minta ijin mendirikan tempat panti pijat / tempat maksiat lainnya … Ironis !!! :)

21 09 2010
becks

subhanallah. . .

Allah Maha Mengetahui semua tentang umatnya. . .

15 10 2010
kakang

xixixixi.. mantep bnr gan… posting lagi tentang umar.. dia khalifah favorit sya… bla perlu ma khalid bin al walid nya gan. mkch… smga Allah menambahkan rizki dan ilmu yang bermanfaat dan apa yang anda ushakan untuk kebaikan mendapat kebaikan diatas keistimewaan. aaaaamiiiiiin

6 11 2010
Ty2

Wahai para pemimpin kmi yang terhormat … teladanilah kepmimpinan Umar Bin Khattab… yang adil… nd peka pada kesusahan rakyatnya…

10 11 2010
Ali

Siapapun pelapornya,dan siapapun yg di laporkan hrs di sikapi dgn tegas,itu baru AMANAH Sang Pemimpin yang Hakiki…….ki.ki.ki.ki.ki

23 11 2010
lasiono

ini adalah cerita yang di buat buat, yang tidak perna terjadi di masa ke khalifahan umar, karena orang yahudi di seluru wilaya kekuasaan islam semuanya sudai terusir saat itu (yahudi selalu membuat fitna) ,kalaupun ada orang yahudi yang tinggal di wilaya kedaulatan islam tentu dia suda masuk islam, klau yahudi suda menganut agama islam tentu akan rela rumanya di buat mesjid untuk kepentingan umat , apalagi di ganti berkali lipat,

di masa umar hidup paling= athahia, mubarokah,sholawata, thoiba,
tidak ada si kenyang di samping si lapar.

12 12 2010
Fiper Amran

Seandainya para pemimpin kita seperti beliau….

24 12 2010
Heri

Kalau umar jadi presiden, gubernur, bupati/walikota di indonesia, dijamin tdk ada penggusuran rumah2 kumuh ! koruptor pun dijamin dipenggal lehernya ! Ya Rabb, turunkanlah di indonesia pemimpin yg mempunyai akhlak seperti Khulafaur Rasyidin bahkan spt Rasulullah…Amin !

27 02 2011
Bedegong

Seandainya Presiden, Gubernur, Bupati/Walikota berahlak seperti Al Faruk, maka tdk akan terjadi penggusuran rumah/kios/toko dll. di negeri mayoritas muslim ini ! Mdh2an Allah segera mengganti mereka semua dgn orang yg mempunyai ahlak seperti Al Faruk … Amin !

15 03 2011
ben

Amin, insya Allah Indonesia kedepan dipimpin oleh orang yang seperti Umar bin Khattab, asal kita berusaha dengan cara yang baik

17 03 2011
dip

sebaiknya disertai kisah tersebut diambil dari hadist apa

15 06 2011
furqanalghifari

Hadist ?????? kan masa Umar, bukan masa Rasulullah SAW, mana ada hadist lagi

31 03 2011
ningsih

alangkah indahnya seandainya negara lita ini seperti khalifah umar bin khattab pasti negeri ini pasti akan damai

13 05 2011
Charis ahmad

Saya kangen dengar engkau ya khalifah Al Faruq…

16 05 2011
syakila

assalamu’alikum,seandainya di indonesia dtg pemimpin seperti khalifah umar bin khatab,maka mentri2 & pejabat2 di indonesia pasti dipecat,krn smuanya tkg korupsi..nauzubillahiminzalik

24 08 2011
jajang

Suri tauladan yang harus kita ikuti d zaman sekarang,,di mana hukum di tegakan dengan benar dan tidak pandang bulu,,Yaa اَللّهُ jadikan lah pemimpin kami pemimpin yg jujur dan amanah,,seperti apa yg di contokan rasullalah dan para sahabatnya آمِّيْنَ يا رَبَّ الْعَالَمِيْن

25 10 2011
23 11 2011
Tarmizi bin Rusli

Khalifah dg gubernur sama2 dahsyat.kita bermohon pda yg kuasa agar mengirim pemimpin sperti mreka

20 12 2011
Aba Jawara

Aku penasaran dengan sosok beliau, yang bahkan golongan Syetan maupun Jin pun lari terbirit-birit apabila bertatap muka dengan beliau. Wah, andai beliau ikut acar uji nyali di Masih Dunia Lain pasti selalu berhasil. Tapi gak seru juga karena gak akan ada penampakan baik fisik maupun suara. Maaf, kalau kelewatan bercanda. Karena sisi luar biasa beliau yang satu inilah yang sampai saat ini aku masih belum menemukan jawabannya…

20 12 2011
Edhie Soeprapto

Subhanallah, indahnya kisah ini, suri tauladan bagi kita semua dimasa kini. Alangkah indahnya hidup ini kalau para pemimpin kita punya watak dan pribadi yang mulia seperti itu.

10 02 2012
ajay

Subhanallah

23 02 2012
Sugi

Ingin Nangis rasanya membaca artikel ini…

Bisakah Indonesia memiliki Umar bin Khattab.. T_T

23 02 2012
gen dut

subbahanallah,wallah huakbarr…
engkau pemilik semua jiwa,ku cucucrkan air mata,ketika mendengar kisah ini?
tiada daya dan upaya hanya milik mu.

10 04 2012
yoyon kansamura

alhamdulillah………

11 04 2012
adil

kemana bisa kita temukan pemimpin yg seperti umar

25 04 2012
Suhaibi_Johar (@Suhaibi_Johar)

SBY bisa gak ya mimpin kyk beliau?

26 05 2012
zakaria

Umar adalah pemimpin dunia tp sederhana banget gg punya mobil mewah,istana tp rakyatnyya sangt mencintai dan bs buat rakyat sejahtera

7 06 2012
mangir

ajib…

7 06 2012
mangir

ajib..

7 06 2012
mattpiahmangirkhan

ajib

1 07 2012
vhan

wahai para ulama, para da’i dan para alim umara…. beginilah nasib ummat kalau kalian sendiri lari dari medan perang yang selalu kalian dengungkan… kalian hanya selalu menyampaikan tapi jarang untuk berbuat…. politik itu tidak haram untuk ulamam, politik itu tiodak kotor untuk para shalihin…. ayo dukung para da’i dan ulama serta para sholihin untuk memegang tampuk kekuaasaan niscaya kita akan melihat ketentraman..

5 07 2012
Mr.Nunusaku

Itulah yang selalu diambil oleh agama islam jalur kekarasan, sudah menjadi kualitas bahwa ajaran islam penuh jalur kekarasan…seperti cerita diatas fakta telah membuktikan ‘ISLAM TIDAK TERLEPAS DENGAN KEKERASAN’
KARENA MENGIKUTI SUNNAH NABI MUHAMMAD.

Sejarah kekerasan dalam agama islam yang telah ditunjukan oleh Muhammad. inilah sunnah nabi Muhammad yang menjadi iman agama kekerasan islam.
Fakta telah membuktikan ‘ISLAM DAN KEKERASAN IMAN TERPADUH’.
Jalur kekerasa banyak terlihat melalui agama islam…seperti apa yang Muhammad lakukan, setelah dia tidak diakui oleh Jahudi sebagai .nabi….?
wahyu turun atas perintah Muhammad pada muslim untuk mengutuki Jahudi
inilah tradisi kekerasan yang telah ditanamkan dalam islam terhadap umatnya.

Mengapa islam memusuhi Jahudi karena perintah Muhammad…apa yang Dia lakukan melalui jalur kekerasan harus diikuti oleh muslim…fakta tak terbantah
‘ISLAM ADALAH AGAMA KEKERASAN DAN BANYAK TERDENGAR ISLAM ITU TERORIS….SIAPA ITU TERORIS DIDUNIA INI…?

8 07 2012
sodik

smoga kita ada dalam lindungan Nya…amiiin,,,meninggal membawa iman dan islam.sesungguh nya umat non islam tidak akan ridha kpd muslim sampe akhir hayat.

29 07 2012
Hamba Allah

Hey orang bodoh , kamu agama apa ?
Makanya simak cerita itu baik2 … , trus pahami .
Anak SD aja bsa ngerti inti cerita i2 .
Kamu dah gede bego ya .

18 07 2012
Muhammad Sofia Archan

Sekiranya di zaman ini masih ada jiwa seorang khalifah seperti Umar bin Khatab…pasti tdk akan ada lg kezaliman bg semua umat..

24 08 2012
Warga Indinesia

Untuk mr. nunusaku, sampai kapanpun bahkan sampai hari kiamat agama kamu atau kafir tidak akan rela tentang kebenaran islam

25 08 2012
isyak firmansyah

subhanallah…andaikan pimpinan negara ini bs seperti kisah umar maka psti akan damai negara ini…

4 11 2013
4 11 2013
12 01 2014
Abdul Halim

Ya.Allah Smoga Sosok Umar Bin Khotob Masuk Ke Jiwa2.Para Pmimpin Indonesia..Amin Abdul Halim(black Gitaris Melayu)’asli Lab One.

4 03 2014
eko

Subhanallah keadilan yang di berikan oleh saydina umar…..ini pelajaran yang sangat berharga bukan saja di tujukan kepada para pemimpin, tetapi kita kaum muslim wajib meneladani kepemimpinan saydina umar dan menyadari bahwasannya seluruh mahluk yang bernyawa di muka bumi ini wajib di dahulakan hak haknya karena Allah menciptakan sesuatu itu tidak dengan sia sia…mengapa kita kadang suka membenci kalangan nasroni dan yahudi , dan lebih lagi kita suka membenci sesama muslim sendiri karena beda cara dan lain dari kita…????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: