KaTa-KaTa TerAkhir Pilot PeSaWat ADAM AIR

27 03 2008

Ini Buat yang lom sempet baca koran aja deh :)

PART I
JAKARTA, RABU-Misteri jatuhnya pesawat AdamAir rute Jakarta-Surabaya- Manado di perairan Majene, Sulawesi Barat, 1 Januari 2007, terjawab sudah. Awalnya, alat navigasi pesawat atau yang dikenal sebagai Internal Reference System (IRS) rusak. Menteri Perhubungan, Jusman Syafi’i Djamal menegaskan hal itu kepada wartawan di gedung Departemen Perhubungan, Selasa (25/3) siang. Kesimpulan tersebut diketahui setelah Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) membaca laporan kejadian prakecelakaan dari cockpit voice recorder (CVR).

Menurut anggota KNKT, Mardjono, kedua awak pesawat (pilot dan kopilot) terkonsentrasi memperbaiki kerusakan ISR dan lupa memerhatikan instrumen lain. Mereka tidak menyadari pesawat miring dan turun mendekati laut. Mereka baru sadar dua menit sebelum pesawat pecah menabrak laut. “Sudah terlambat. Tidak ada yang bisa dilakukan. Seluruh penumpang dan awak yang berjumlah 102 hilang dan dianggap tewas,” ujar Mardjono.

Mardjono menerangkan, kerusakan IRS terjadi dalam 13 menit terakhir penerbangan, sebelum pesawat jatuh. Kerusakan ini mengalihkan perhatian pilot dan kopilot dari flight instrumen (instrumen penerbangan). Hasil rekaman digital flight data recorder (DFDR) menunjukkan, awalnya pesawat terbang dengan bantuan instrumen kemudi otomatis (autopilot). Namun, penanganan terhadap IRS yang dilakukan tidak sesuai dengan buku panduan, sehingga kemudi otomatis pesawat menjadi tidak berfungsi. Pesawat pun mulai miring.

“Karena kemiringannya hanya satu derajat per detik, jadi tak terasa. Autopilot disconnect (kemudi otomatis tidak berfungsi) dan alarm berbunyi: not..not..not. Mereka sempat mematikan alarm tersebut karena terlalu fokus pada IRS. Ini biasa. Jadi, tidak bisa dikatakan human error, hanya kinerjanya yang error. Kinerja sebagai manusia darat yang harus terbang. Kalau di darat, prosedur mereka sudah benar. Tapi, berbeda halnya jika dia berada di udara,” kata Mardjono.

Ketua KNKT Tatang Kurniadi menambahkan, setelah pesawat miring ke kanan melewati 35 derajat, alram berbunyi. Pesawat terus miring hingga 100 derajat dan situasi sudah tidak bisa dikendalikan lagi. “Pesawat miring daya angkatnya memang kurang. Padahal dia (pilot) melakukan recover baru setelah hidung pesawat nunduk 60 derajat. Apalagi dengan kecepatan yang mencapai 0,926 kecepatan suara. Karena itu, pecahan badan pesawat terbesar yang ditemukan hanya dua meter. Saat menabrak laut itulah, pesawat terpecah,” jelasnya.

Pesawat dengan bernomor penerbangan DJHI 574 itu terbang dari Bandara Juanda, Surabaya (1/1) 2007 pukul 05.59. “Tidak ada tanda-tanda atau bukti pilot dapat mengendalikan pesawat secara tepat dan seksama, sesudah alrm berbunyi dan pesawat melewati 35 derajat ke kanan,” ujar Tatang Kurniadi.

Pilot pun tidak sempat menaikkan pesawat karena posisi pesawat sudah miring. Akibatnya, pesawat menghujam ke laut dengan kecepatan 1.000 kilometer per jam. Yang memilukan, terdengar suara kata-kata terakhir pilot Revri Agustian Widodo kepada kopilotnya Yoga. “Jangan dibelokin, jangan dibelokin,” setelah itu tak diketahui nasib pesawat AdamAir dan seluruh penumpangnya.(Warta Kota/Get)

PART II

JAKARTA, KAMIS- Ada fakta-fakta baru mengenai jatuhnya pesawat AdamAir 1 Januari 2007 lalu, meskipun itu yang muncul dari luar Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Pengamat transportasi Agus Pambagyo yang juga pernah mendengarkan isi cockpit voice recorder (CVR) saat mendatangi National Transportation Safety Board (NTSB/KNKT©nya Amerika Serikat) di AS tahun lalu mengatakan, apa yang diuraikan oleh Ketua KNKT Tatang Kurniadi, Selasa lalu benar adanya.

“Tapi ada kata-kata yang kurang dalam percakapan dua pilot. Setelah salah satu pilot mengatakan “jangan dibelokin, jangan dibelokin,” tiba-tiba ada suara seperti benda pecah, lalu seorang lagi berteriak “Allahu Akbar“. Lalu semuanya terdiam,” kata Agus Pambagyo dalam percakapannya dengan Persda Network di Jakarta, Rabu (26/3)

Agus mengaku tidak tahu siapa yang menyebut Allahu Akbar, tapi jelasnya, kata-kata itu sangat jelas terdengar dari VCR. Seperti diberitakan, KNKT memaparkan kecelakaan pesawat AdamAir bernomor penerbangan DHI 574 itu akibat kerusakan alat navigasi IRS (Internal Reference System). Kedua pilot memfokuskan pada perbaikan IRS dan lupa pada instrumen lain, sehingga tidak tahu pesawat Kedua pilot memfokuskan pada perbaikan IRS dan lupa pada instrumen lain, sehingga tidak tahu pesawat sedang menghujam ke laut.(Persda Network/Hendra Gunawan)

Source : kompas.com

About these ads

Aksi

Information

31 responses

28 03 2008
dian

Tulisan dalam media tidak selalu sama. Namun pelajaran yang bisa diambil adalah bagaimana hal serupa dapat dihindari agar tidak terulang kembali.
Semoga Tragedi Adam Air tersebut memberikan pelajaran bagi maskapai penerbangan, pilot, KNKT, dan pihak-pihak terkait dalam penerbangan.

http://dianroesmiedi.wordpress.com

>>> Iya mediapun bisa jadi subjektif juga, tergantung siapa yang di balik layar mungkin ya.
setuju deh jangan sampai ada “ADAM AIR2″ yang lain. salam kenal ya :), trims sudah berkunjung

14 04 2013
جعفر المنائي

Bener Dian, Dan sebaiknya tragedi adam air kita jadikan sebagai ibroh / pelajaran untuk kita yang masih sidup… kerna bagaimanapun KEMATIAN itu sesuatu yang sudah di taqdirkan oleh Allah swt 50rb taun sebelum bumi ini di ciptakan… Aaallhu a’lam…….. siapkanlah diri kita untuk menghadapi kematian kita yang sudah tercatat dalam lauhulmahfud .. ..

28 03 2008
deteksi

semoga arwah para korban tidak penasaran… ;)

>>> hooh, kalau penasaran ntar ngejar-ngejar situ kan repot he…he… (kidding akh)

29 03 2008
Setya

tragis……
jadi? human error atau machine error?

>>> yah mungkin dua2nya kali ya

2 04 2008
brekele

sedih ya??
ga kebayang temen sekamar gw Ratih sekarsari mesti pergi gt aja…
terakhir ketemu dia jam 02.30 dia banguntrus mandi…tepatnya tgl 1 jan 07….gw ma tmen2 skamarnya liat dia CANTIK bngt hari itu..pagi itu,biasanya dia ga pnh secantik hari itu.dan terakhir dia say DAhhh..ke kita…ga nyangka aja kalo hr itu terakhir kita ketemu dia…
mdh2an yg kuasa trima dia disisinya…
gw jg udah maafin dia , karna sebelumnya gw smpet berantem kecil2an ma Ratih…

>>>

I am so sorry hear that. ya semoga dia diterima disisi_nya. Amin

4 04 2008
Scientiarum

Turut Berdukacita.

>>> So do I, trims 4 visiting

7 04 2008
Indra

semua itu disengaja supaya ibu sandra pemilik adam mendapat asuransi yg sangat besar……..jadi pilot,kopilot serta penumpang dikorbankan….

2 08 2008
bara

kenapa yg terdengar allohu akbar. emangnya Pilot Revri Agustian Widodo dan co-pilot Yoga, muslim? please re-check
————-
Apa kalau noni bakal teriak begitu, PDA ???

2 08 2008
gerie

@ Bara :
koran Sindo (seputar indonesia ) edisi hari ini sabtu 2 agt 08 di halaman 12 Berita Utama , memuat transkrip rekaman pilot dlm judul “Rekaman Adam Air Beredar”, dituliskan bahwa kata2 terakhirnya “allahu akbar”.

2 08 2008
Bambang Sumantri

Dengan segala hormat saya anjurkan kepada semua pihak khususnya pemilik maskapai penerbangan “Utamakan Keselamatan” jangan di suruh terbang jika ada masalah dengan Pesawat/ Istrumen pesawat.

Sekali lagi Keselamatan/ Jiwa penumpang adalah paling utama.

Semoga dunia penerbangan di Indonesia belajar dari kejadian2 yang telah ada.

Terima kasih
Bambang Sumantri.MBA
Anggota Majelis BPSK-DKI
—————
Ya setuju sekali..jangan cuma mikirin sisi komersilnya aja ya

3 08 2008
Apa Kotak hitam or Black Box itu?? « SENYAWA

[...] aja disini, percakapan detik-detik terakhir Kecelakaan pesawat Adam Air plus mengunduhnya atau baca postingan gw sebelumnya.  Jadi intinya cuma satu ya..yaitu adanya kotak hitam the sweet “black Box” ini [...]

3 08 2008
hary

kalo pilotnya non muslim kmungkinan pilot adam airnya langsung insyaf kali waktu mo mati… hue hue hue
————–
Ah masya seeh ;)

3 08 2008
Ujum

Setahu gua Pilot dan Copilotnya memang muslim.
———–
Semoga ditempatkan disi-Nya, itu saja doa gw. Amin

5 08 2008
tenang

Ah… sudah lah muslim / non muslim , asli / tidak asli rekaman itu ,bukan masalahnya, yg penting ini musibah( sudah terjadi ), semua harus tenang , jangan gegabah… mereka yg realitanya sekarang kehilangan sangat membutuhkan kekuatan untuk menerima kenyataan ini… para penumpang & awak pesawat adam air yg terkena musibah sampai saat ini harus tetap kita doa kan semoga arwah nya di terima di sisi Tuhan Yang Maha Esa .
—————-
Amin..dan harapan ke depan tentu ini ga terjadi lagi ya kan, satuju teu? :)

5 08 2008
edward

setuju… mau asli atau tidak itu tidak penting.
yang penting kalo asli, mudah2an pihak maskapai penerbangan Indonesia mengambil langkah untuk mengantisipasi kejadian serupa dan memperbaiki citra maskapai Indonesia. biar bisa ke eropa, kan malu pesawat kita ga bisa kesana, tapi pesawat orang itu suka2nya ke Indonesia.
kalo itu ga asli, sadarlah yang membuatnya. betapa pilu hati mendengar, apalagi orang yang ditinggalkan. Amin

7 08 2008
hate

Tuhan memberkati mereka semua amin.
————–
Amin

11 08 2008
wi3nd

mmmm…miris..semoga tidak terulang lagi..

*teringat lagi kejadian ituh*

11 02 2009
andi

Rancangan Tuhan selalu rancangan kebahagia.
Semoga KELUARGA yang ditinggalkan selalu diberi ketabahan
Apapun yang terjadi HIDUP TETAP HARUS BERJALAN
ketemu atau tidak bangkai kapal serta awaknya hanya TUHAN yang bisa menjawab kapan,kita hanya bisa pasrah namun tetap berusaha.
TUHAN memberkati. AMIIN…………….

10 04 2010
DIRAJA MAHARAJA BAGINDA NABIDIDIKHARIYONO RASULALLAH

TITAH BAGINDA RASULALLAH : BERAPA KALI PESAWAT ATAU HELICOPTER PENERBANGAN INDONESIA YANG JATUH, BILAMANA SESEORANG PEMIMPIN ANGKATAN TENTARA ADA MUSUH MUNGKIN ITULAH AKIBATNYA SEMUA BANYAK YANG MENGALAMI MUSIBAH DAN SELALUNYA BERSANGKUTAN PADA ISU ISU HIBURAN ATAU ISU MENTERI ATAU ISU PERSIDEN ATAU ISU LOGIN ASET ATAU ISU BENGKEL SERVIS ATAU JUGA ISU PENEMBAK CURI ATAU ISU GET AUTOMATIC DALAM KOMPUTER . ANGGAPAN BAGINDA RASULALLAH KARENA SITUASI SEDEMIKIAN ADA SEBAB TIDAK BOLEH MELINTAS MELALUI KE KAWASAN DAN MUNGKING DIKENAKAN TEMBAKAN INFRA MERAH.

24 06 2010
Bryan

ya allah ”
trmalah mreka ” yg menjadi korban kecelkaan”
pswat adam air””
masukan lah”” arwah mreka “ke … surga mu”
Amin..Amin…Amin

11 04 2011
pajar tambunan

SEMOGA MEREKA DITERIMA DISISI-NYA..

18 03 2012
dhea hernas aprillia

kesihan ya…. semoga aja dosa mereka di ampuni yang maha kuasa ….amin

19 03 2012
syfa destiana salsabella

mudahan diterima disisi allah
amiennnn

19 07 2012
Ferdian

Kemungkinan ini karna pesawat melewati rute tempat terlarang yaitu segitiga bermuda malembo….dan seluruh penumpang menghilang….. Em…bisajadi badan pesawat yang membawa penumpang masuk ke dalam tanah dilaut atau masuk lobang segitiga bermuda ya …hemm…memang susah deh…

7 02 2013
candra

Mudah2an kobarban diterima disisi-NYA.. amin

28 03 2013
domtheoos

aku juga udah pernha denger, beneran merinding loh aku.

Filter Air

7 06 2013
Wesley

This valuable article, “KaTa-KaTa TerAkhir Pilot PeSaWat ADAM AIR |
SENYAWA” demonstrates that you really know what you are communicating about!
I actually totally approve. Thanks ,Eliza

9 11 2013
indonesiangayisland

Mencari sosok pria dewasa gay / BI se indonesia. & mereka pria menikah bukan halangan tuk sebuah hubungan awet! Poin nya, Yg penting pasangannya bisa terima kalo dia sudah beristri…
Kenapa harus berstatuskan pacaran?
Disitu yg dituntut adalah setianya…
Bukan lantaran karna pacaran bisa gandengan tangan didepan umum…? No… Itu salah persepsi…
Memang harus dipikirkan pula… Adil itu perlu… Pandai membagi waktu itu harus…
Jujur…!!!
Saya sangat terinspirasi dari hubungan saya yg sebelumnya bisa saya jalani 3th dg seseorang yg berusia kepala 4. Setia bukan hal mustahil. Tapi tergantung niat kita, bagaimana mengarahkan sebuah hubungan. Setia tidak harus mengekang? Setia tidak mesti otoriter!
Aku yakin diluar sana masih ada orang yg sejalan dg keinginanku tuk saat ini. Gunakan mata hati tuk menilai seseorang!
Aku pikir, aku cukup jauh dari anda berada. Jadi aku juga berharap sebuah kepastian, sebuah solusi yg terbaik, bagaimana mengawali dari perkenalan…
Budayakan konsisten! Jangan plin-plan! Karena sifat itu kurang baik tuk menjalin hubungan?
Saya 27tahun saat ini, bila ada ketertarikan seperti apa yg saya tulis, mohon kontaknya… +6285664600785 / 74b2f65a

14 11 2013
bungkusan

subhanallah..allahu akhbar.

28 02 2014
anto

Orang awam sendiri pun tau.rasanya mustahil kalau human eror.serasa ada yg ditutupi demi tujuan tertentu

29 03 2014
Istanamurah

sungguh bencana, semoga kedepannya tidak ada lagi kasus yang mnyerupai, amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: